Apa Itu Applied Behavior Analysis (ABA)? Popular #1

Hari ini admin akan membahas apa itu Applied Behavior Analysis atau disingkat dengan ABA dan kita akan mengulas satu per satu.

Apa Itu Applied Behavior Analysis (ABA)
Apa Itu Applied Behavior Analysis (ABA)

Apakah Yang Dimaksud Dengan Applied Behavior Analysis (ABA)?

Ini merupakan jenis terapi yang berfokus pada peningkatan perilaku tertentu, seperti keterampilan sosial, komunikasi, membaca, dan akademik serta keterampilan belajar adaptif, seperti ketangkasan motorik halus, kebersihan, dandanan, kemampuan domestik, ketepatan waktu. , dan kompetensi kerja.

ABA terutama digunakan untuk mengobati orang dengan autisme , tetapi efektif untuk anak-anak dan orang dewasa dengan gangguan psikologis di berbagai tempat, termasuk sekolah, tempat kerja, rumah, dan klinik.

Penelitian menunjukkan bahwa ABA yang konsisten dapat secara signifikan meningkatkan perilaku dan keterampilan serta mengurangi kebutuhan akan layanan khusus.

ABA dikembangkan oleh psikolog Ole Ivar Lovaas pada 1960-an. Terapi muncul dari karya awalnya menggunakan penguatan positif dan negatif untuk mengubah perilaku orang yang terlibat dalam bentuk melukai diri sendiri .

Ini berkembang menjadi terapi ABA modern di mana penguatan positif digunakan untuk mengajar dan mempromosikan keterampilan sosial, kemampuan bahasa, dan kebiasaan pribadi bagi mereka yang menderita autisme.

Ada berbagai perspektif tentang ABA — terapi ini kontroversial bagi sebagian orang. Sebagai contoh, beberapa orang tua dan terapis mungkin menghargai ABA dan menyatakan bahwa hal itu menyebabkan peningkatan kemampuan anak yang nyata dan dapat diamati.

Beberapa anak dewasa yang menerima terapi mungkin berpikiran sama. Namun orang dewasa lain dengan autisme mungkin percaya bahwa ABA menekan perasaan dan perilaku alami mereka atas nama menjadi “normal”.

Orang-orang ini mungkin percaya bahwa masyarakat seharusnya menerima identitas mereka yang sebenarnya dan merangkul keragaman saraf .

Kegiatan Praktik:

ABA umumnya dipraktikkan sebagai intervensi terapeutik bagi individu dengan autisme . Menurut Pusat Autisme, ABA membantu orang dengan autisme meningkatkan interaksi sosial, mempelajari keterampilan baru, dan mempertahankan perilaku positif.

ABA juga membantu mentransfer keterampilan dan perilaku dari satu situasi ke situasi lain, mengendalikan situasi di mana perilaku negatif muncul dan meminimalkan perilaku negatif. Dengan autisme, ABA paling berhasil bila diterapkan secara intensif selama lebih dari 20 jam seminggu dan sebelum usia 4 tahun.

ABA juga dapat membantu orang dewasa yang lanjut usia mengatasi kerugian yang datang seiring bertambahnya usia, seperti ingatan , kekuatan, dan hubungan. Untuk tua dan muda, ABA dapat membantu individu mengelola beberapa tantangan gaya hidup yang menyertai banyak kondisi kesehatan mental dan fisik.

Apa yang diharapkan dari Terapi Ini?

Saat bekerja dengan terapis ABA, klien akan:

  1. Menentukan perilaku mana yang memerlukan perubahan
  2. Tetapkan tujuan dan hasil yang diharapkan
  3. Tetapkan cara untuk mengukur perubahan dan perbaikan
  4. Evaluasi di mana Anda berada sekarang
  5. Pelajari keterampilan baru dan atau pelajari cara menghindari perilaku negatif
  6. Tinjau kemajuan Anda secara teratur
  7. Putuskan apakah mengubah perilaku lebih lanjut diperlukan atau tidak.

Lamanya waktu yang dihabiskan di ABA tergantung pada tingkat keparahan masalah dan tingkat perbaikan individu.

Cara Kerja:

ABA mengambil pendekatan penelitian untuk terapi berdasarkan teori pembelajaran dan perilaku yang telah terbukti. Terapis yang menggunakan ABA memahami bagaimana perilaku manusia dipelajari dan bagaimana perilaku tersebut dapat diubah seiring waktu.

ABA memecah perilaku menjadi langkah-langkah yang lebih kecil, mengajarkan langkah-langkah tersebut kepada klien, dan kemudian memberi penghargaan kepada mereka karena berhasil melakukan langkah-langkah tersebut. 

Terapis mengidentifikasi ABC—anteseden, perilaku, dan konsekuensi dari perilaku. Anteseden adalah apa yang terjadi tepat sebelum perilaku yang relevan, pada dasarnya apa yang mendorong orang tersebut untuk bertindak. 

Perilaku adalah respons itu sendiri, mungkin tindakan atau ekspresi verbal, yang ingin diubah oleh terapi. Konsekuensi adalah apa yang segera mengikuti perilaku. Di sinilah penguatan positif atau netral diperkenalkan.

Misalnya, jika tujuannya adalah untuk mengurangi amukan ketika anak harus tidur, orang tua dapat menghadiahi anak dengan pujian jika anak bersiap untuk tidur. Orang tua tidak akan memberikan penguatan positif itu jika anak malah mengamuk.

Terapis mengevaluasi perilaku klien dan mengembangkan rencana perawatan untuk membantu meningkatkan keterampilan komunikasi dan perilaku yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan pribadi dan profesional mereka. 

Terapis ABA juga dapat memberikan pelatihan kepada orang tua dan guru. Untuk hasil terbaik, ABA memerlukan pemantauan berat dan evaluasi terus menerus. 

Terapis dan profesional kesehatan lainnya bekerja di lingkungan seperti sekolah, rumah, dan pusat komunitas untuk mengevaluasi dan memodifikasi pengobatan seiring perkembangannya.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Analis Penerapan Perilaku?

Analis terapan perilaku yang berkualifikasi adalah terapis klinis berlisensi dengan pelatihan dan pengalaman tambahan dalam analisis perilaku terapan. 

Dewan Sertifikasi Analis Perilaku (BACB) menyetujui terapis ABA dengan pendidikan tingkat pascasarjana. Analis Perilaku Bersertifikat Dewan dengan gelar master dan pelatihan yang sesuai diidentifikasi dengan inisial BCBA setelah nama mereka; mereka yang bergelar doktor diidentifikasi dengan inisial BCBA-D. (Hanya di Florida, BCBA dapat menggunakan inisial FL-CBA atau istilah Florida Certified Behavior Analyst). 

Analis Perilaku Asisten Bersertifikat Dewan, yang merupakan anggota tim suportif dengan gelar dan pelatihan tingkat sarjana, juga dapat disertifikasi dan diidentifikasi dengan inisial BCaBA.

BCABA tidak dapat berlatih sendiri tetapi dapat bekerja dalam pengaturan terapeutik saat diawasi oleh seseorang yang memiliki sertifikasi di tingkat yang lebih tinggi.

BACB juga mensertifikasi Teknisi Perilaku Terdaftar dengan minimal ijazah sekolah menengah dan 40 jam pelatihan khusus yang bekerja hanya di bawah pengawasan langsung BCBA atau BCaBA.

Sumber Referensi:

Referensi
Asosiasi Analisis Perilaku Terapan (ABA) untuk Sains dalam Perawatan Autisme . Diakses 28 Desember 2016. Applied Behavior Analysis (ABA) , Autism Speaks.

Terapi ABA, Pusat Autisme & Gangguan Terkait. Diakses 28 Desember 2016.

Dewan Sertifikasi Analisis Perilaku. Tentang Analisis Perilaku. Diakses 29 Desember 2016.

Dewan Sertifikasi Analisis Perilaku. Kredensial. Diakses 29 Desember 2016.

Pusat Studi Perilaku Cambridge. Diakses 29 Desember 2016.

Reichow, B. Tinjauan meta-analisis tentang intervensi perilaku intensif awal untuk anak kecil dengan gangguan spektrum autisme. Jurnal Autisme dan Gangguan Perkembangan, 2012;42,:512-520.

Iwan
Jika kamu pecinta kopi, kamu tahu kapan waktu yang pas untuk menikmati secangkir kopi hangat.